Rabu, 04 November 2009

Si Lumba-Lumba, si Jalu, atau Sakya?

Harusnya sih tulisan ini diposting dulu-dulu, tapi baru sempat dan ingat lagi sekarang, meskipun sejak dulu memang niat ditulis hehe ….

Katanya, nama adalah doa. Saya juga percaya begitu, meskipun nama saya sendiri, apa ya doanya? (Siapa ya yang pernah bilang, kalau Masniari itu Emas-nya si Hari—Hari itu si Papap—tapi saya kok lebih suka pendapat satu lagi, kalau Masniari itu “hari-hari keemasan”, hahahaaa)

Waktu hamil dan sudah tahu lewat USG kalau si janin laki-laki, sudah terpikir juga untuk nyari nama. Tapi karena masih malas (mandi aja malas), nyarinya belum serius. Nah, ceritanya, sebagai fans lagu anak-anak sepanjang masa, saya pernah nulis di plurk “Si Lumba-Lumba! Bermain bola! Si Lumba-Lumba! Makan dulu!” (Ehem, saya masih ingat gaya Bondan Prakoso pas nyanyi lagu itu sih, hihiii) Eh, sama si eM teman SMA saya, si janin akhirnya dipanggil si Lumba-Lumba. Kebetulan pulak, sampai hamil bulan kedelapan saya masih rajin berenang. Kalau diajak berenang, si janin suka gerak-gerak pelan, seperti yang senang. Jadilah julukan si Lumba-Lumba. Dan saya jadi Maklum alias Emak Lumba-Lumba, dan Bapak Dindin jadi Paklum alias Bapak Lumba-Lumba.

Sejak dulu, saya berniat nggak ngasih nama berbahasa Arab. Bukan apa-apa, cuma bosan, banyak sekali anak-anak zaman sekarang yang namanya berbahasa Arab. Bagus-bagus sih, tapi coba kita hitung berapa anak yang namanya Daffa, Raihan, Salsabila, dan lain-lain. Legian, menurut saya, meskipun nama adalah doa, tapi doa itu kan universal toh? Saya juga nggak berniat ngasih nama bule, soalnya kasihan, nanti wajahnya eksotis khas Indonesia tapi namanya bule, terus kalau sekolah di kampung, nanti nama keren itu akan berubah, ef jadi ep, ve jadi pe, ex jadi ek, dan seterusnya, hahaha ….  Syarat lainnya adalah namanya nggak dari huruf A. Nanti absennya selalu di awal-awal, seperti teman saya si Agustine Suparman yang ganti akte kelahiran pas SMP jadi Tine Agustine Suparman, supaya nggak absen nomor satu lagi (Dasar euweuh gawe).

Nah, sebelum si Lumba-Lumba lahir, saya sebetulnya sudah punya usulan nama. Namanya Indonesia banget. Tapi sayang Paklum nggak setuju, karena terlalu lugas, hehe ….  Lalu, Paklum usul, kalau pakai nama kakeknya bagaimana? Saya sih setuju, tapi pas dicek di buku arti nama anak, ternyata artinya “landak”, hihiii …. (Lalu kata Paklum, “Pantes si Aki rancung,” hahahaaaa) Ya sudah, akhirnya usulan nama tenggelam lagi dan kami kembali bingung, mau dikasih nama siapa ya si Lumba-Lumba ini.

Karena diperkirakan lahir pertengahan Mei, jadi saya dan Paklum santai-santai saja. Eh, ternyata pas tanggal 1 Mei lahir, kami belum punya nama juga. Si Emak sempat ngomel-ngomel, mau dipanggil siapa si bayi? Akhirnya, si Emak ngasih panggilan sementara: si Jalu. Kata Emak, bukan Jalu yang artinya jantan lawan kata betina, tapi Jalu dari bahasa Banten yang artinya “jagoan”.

Hampir seminggu berlalu, nama belum juga ketemu. Akhirnya, malah Decky Ow-Ow temannya Paklum yang nyuruh buru-buru ngasih nama. Memang betul juga, kasihan si Jalu belum punya nama dan akte kelahiran harus cepat-cepat dibuat. Jadilah dua hari semalam saya dan Paklum mencari, berembuk, dan berdebat, siapa namanyaaaa?

Akhirnya, dari buku nama-nama bayi, saya dapat satu nama Sanksekerta, “Sakya”, yang artinya “kebahagiaan”. Mirip-mirip juga dengan usulan nama kakeknya Paklum, Salya (yang artinya landak tea hehe). Tapi, tolong diingat, pelafalan Sakya-nya bukan “Sakiya”, tapi dari huruf “k”, langsung disambung huruf “y”, soalnya kalau dibaca “Sakiya”, nanti dikira nama anak perempuan, Zakia, yang suka dinyanyiin Ahmad Albar.

Paklum tadinya usul “Afhlah”, yang artinya “yang beruntung”. Tapi akhirnya kami sepakat nama depannya Sakya. Lalu nama belakangnya siapa? Paklum usul “Lail” yang artinya malam, soalnya si bayi lahir tengah malam. Bahasa Arab sih, tapi nggak masalah, karena jarang dipakai (paling yang sering Laila atau Laily). Meskipun beberapa waktu lalu, Paklum agak menyesal juga, karena baru sadar, kenapa nggak pake nama “Wengi” ya? Jadi Sakya Wengi, lebih unik lagi.

Tadinya, Paklum agak enggan merelakan nama belakangnya dipakai si bayi, soalnya kata doi, itu bukan marga. Tapi saya yakinkan, supaya gampang bikin paspor, hehe. Akhirnya, jadilah nama si bayi “Sakya Lail Wahidin”. Yang kira-kira, kalau dirangkai artinya, jadi “Kebahagiaan yang datang pada malam hari, anak Pak Wahidin” hihihihiiii ….

Saya kira nama Sakya jarang dipakai, dan saya juga berharap semoga cuma dia di sekolahnya yang bernama Sakya nanti, karena teman-temannya kebanyakan bernama Arab. Eh, ternyata sekitar sebulan kemudian, si Achy teman SMP saya ngirim SMS, katanya keponakannya yang baru lahir juga dikasih nama Sakya, tapi lengkapnya Sakya Al-Ayyubi, lalu dia nuduh saya dan sepupunya beli buku yang sama, hahaha …. Tapi sepertinya bukunya beda, karena menurut si Achy, Sakya yang di buku sepupunya itu dari bahasa Kawi yang artinya terang. Tapi nggak apa-apa. Artinya juga bagus kan, terang. (Yah, nanti janjian aja mau masukin ke sekolah mana, biar nanti di sekolah tetap cuma ada satu Sakya, hihihii)

Eh, ternyata doa kami terkabul dengan cepat. Karena, kami terpaksa seringkali harus “berbahagia pada malam hari”, karena Sakya hobi begadang, hahaha …. Biasanya, kalau Sakya nggak mau tidur, Paklum suka negur, “Heh, Lail! Tidur!” Yah, salah sendiri ngasih nama Lail, hahahaaaa ….

26 komentar:

  1. oow..... sakyaaaaaaaaaaaaa
    ud bs ngapain aja?

    BalasHapus
  2. makanya nama tio sangat Indonesia...sedikit diselipin arab karena mengenang bulan kelahirannya yang seribu bulan itu :D

    BalasHapus
  3. kalo nggak jadi tegar puasatio
    hihiiiiiii

    BalasHapus
  4. waa.. berarti sakya lail artinya terang dan gelap dong? :D

    BalasHapus
  5. maaaaakkkkllluuuummmm.... emak lumbalumbaaaaa

    BalasHapus
  6. yah... maklumlah... dan paklumlah...

    *geje dot com*

    :P

    BalasHapus
  7. terang dalam kegelapan, hahahaaa

    BalasHapus
  8. terus jalunya jadi nama tak resmi dong yah?

    BalasHapus
  9. gemes liat bibir sakya di poto ini, sakya bangeeeeeettt... hihihihi...

    BalasHapus
  10. eeeh ... sekarang udah bisa manyun, lebih menggemaskan lagiiii
    (cuma belum sempet kepotret aja)

    BalasHapus
  11. loh loh loh..trus kalo melon?whuahahha padahal dah nulis draftnya di word 2 bulan setelah melon lahir soal beginian tapi ntar deh postingnya..kalo inetnya dah baek dan bener... *sigh*

    BalasHapus
  12. aaaaaah
    maq-mel aleshyaaaaaaaaaaaaaaaan

    BalasHapus
  13. teuteup sesuseuriaaaan...
    apa kabar Buk... dek Sakya-na masih begadang?
    akhirnya dirilis oge nya sejarah nami dek Sakya...

    *ingat saya pun manggilnya tanpa i....jelas jelas Sakya ^__^

    BalasHapus
  14. baeeek
    sekarang mah udah nggak begadang, paling malem si ujang jam 10 udah tidur
    tapi tetep sih masih bangun-bangun malem, minta minum hehe

    BalasHapus
  15. hehe itumah 'wajib'.. ceu Wafa saja sampais ekarang masih sering bangun.. trus bilang nen nen nen atau num num num hehe :D

    BalasHapus
  16. ow ... ceu wafa udah bisa ngomoooong, hebaaaaaat :D

    BalasHapus
  17. alhamdulillah..
    oia jadi inget CatSIng bulan Novemberna teu acan di posting :D

    BalasHapus
  18. sok atuh, jangan kaya ibuknya sakya, pemalas hihihii

    BalasHapus
  19. apa sih tinottinot, membangkitkan dari kubur ieu tehhh

    BalasHapus