Minggu, 01 November 2009

Satu Semester di Sekolah Baru, Sekolah Ibuk-Ibuk

Hari ini Sakya enam bulan (sebetulnya nanti sih, jam 23.55 hehehe). Jadi enam bulan lalu, jam segini saya masih terkapar dengan infus di tangan dan oksigen, mulesnya baru berasa dikit.

Sebetulnya pengen juga tiap bulan update perkembangan Sakya, seperti ibuk-ibuk lain, tapi ya gimana yaaaa ... pekerja freelance kan nggak dapet cuti kaya' pegawai kantoran, dan kebetulan kerjaan nggak pernah berhenti (alhamdulillah, pohon uang goyang terus, hahaha).

Jadi, agak-agak lupa juga perkembangan bulan per bulannya gimana. Yang jelas, sejak umur satu hari, Sakya sudah sadar kamera (hahaha ... seperti itu yang paling penting sajaaa). Umur beberapa minggu bisa teriak "engkiiiing!" kalau mau nenen, sampai sekarang (kami berasumsi kalau engking itu = drinking, anak penerjemah gitu lhuwokh, hahaha)

Selama tiga bulan pertama, seperti ibuk-ibuk pada umumnya, saya sempat baby blues juga, meskipun taraf ringan. Ya gitu deeeeh ... suka nangis-nangis bombay. Apalagi kalau Sakya lagi ngadat. Mana kerjaan masih numpuk. Nggak ada yang bantuin ngurus, PRT di rumah kan cuma setrika & ngepel, cuma ada Emak dan ibu mertua (dan si Emak juga ngajar, ibu mertua di rumahnya sendiri). Paklum masih grogi, meskipun dia berusia matang tapi ini pengalaman pertama (deuh ... usia mataaang!). Terus, saya yang biasa nggak betah di rumah, terpaksa 24 jam di rumah. Betek laaah.

Keuntungannya masih numpang di rumah orangtua/mertua, memang ada yang bantu-bantu jagain bayi. Tapi, kerugiannya, kalau metode asuh kita dianggap salah sama orangtua/mertua, bisa perang tiap hari tuh. Saya sih masih lebih beruntung karena tinggal sama orangtua sendiri, karena kalau si Emak masih bisa dibantah, hahaha ... (kalo ngebantah mertua, rasanya sungkaaaaaan banget)

Baru pas Sakya umur empat bulan, saya mulai agak relaks dan nemu ritme yang pas sama dia. Ritme segala macam ya, mulai dari kegiatan dia sehari-hari, kegiatan saya sehari-hari, dan kerjaan. Umur segitu juga mulai ngerti kalau diajak jalan-jalan, hehehe ....

Soal ASI eksklusif, saya usahakan sekuat tenaga sih, tapi sayang pas puasa kemarin, saya demam tinggi plus merah-merah di kulit. Kata dokter sih infeksi virus, tapi nggak jelas penyakitnya apa. Baru pas browsing-browsing, ciri-cirinya mirip flu Singapura. Eh, ternyata ASI juga berkurang banget. Sampai dibela-belain mahal-mahal ke klinik laktasi, yah, yang penting Sakya bisa dapet ASI lagi. Satu setengah bulan Sakya kepaksa didopping sufor meskipun cuma dikit, awalnya 3 x 60 ml sehari, sampai akhirnya nggak dikasih lagi (padahal si dokter nyuruh 8 x 60 ml sehari, tapi saya juga konsultasi sama CCRNC, sesama ex-tapol Cinambo, yang nyaranin "Susuin tiap jam". Ternyata lebih manjur si CCRNC, hahaha).

Perjuangan ASI ini memang berat, apalagi kalau nggak didukung kanan-kiri. Saya suka betek karena si Emak dan ibu mertua sering nanya, "Memang ada ASI-nya?" karena Sakya kurus melulu dan dia sering marah-marah kalau lagi nenen, dulu. Apalagi para nenek itu suka nggak tegaan kalau dengar cucu pertama mereka nangis keras-keras, langsung pengennya buru-buru bikin sufor. Yah, terpaksa ada pertumpahan air mata dalam hal ini (untung nggak pertumpahan darah hehe).

Soalnya, tetangga kiri-kanan nggak pada ASI-Eksklusif, dan bayi-bayi mereka sudah dikasih makan sejak empat bulan. Si Emak sampai beranggapan saya ini percaya textbook banget, tapi saya kan ibuk-ibuk keras kepala, hahaha .... Awalnya Paklum juga bukan breastfeeding father sejati, apalagi teman-teman sepergaulannya sesama bapak-bapak bayi, suka nyaranin "Kasih sufor ini aja, sufor ini aja." Tapi setelah diskusi dan disuruh baca-baca majalah, buku, browsing, dan lain-lain, akhirnya dia mendukung penuh (meskipun kadang-kadang, kalau lihat saya capek banget, suka bilang "Kasih minum aja, gimana?" hehe).

Kalau perkembangan fisik, meskipun kuyus, Sakya tuh lincah banget. Belum empat bulan bisa tengkurep sendiri, empat bulan bisa ngangkat kepala, lima bulan bisa "gulipak-gulinong" (bolak-balik), dan lima setengah bulan bisa ngesot. Jadi, seprai tempat tidur kami dan tempat tidur si Emak nggak pernah beres ... karena ada bayi ngesot, yang gerakannya cepet banget. Syukurlah sampai saat ini belum pernah jatuh (oh, kalau bisa jangan pernah!).

Dan kalau dulu agak-agak waterproof seperti si Paklum, sekarang nggak doooong, horeeee! Sekarang kalau mandi, pas disabunin suka tendang-tendang sambil teriak-teriak kegirangan, dan kalau sudah masuk jolang pink andalan, mandi sambil ciprat-ciprat air dan nonton tivi. Gaya banget dah.

Sakya juga senang diajak nyanyi. Dan harus live show. Nggak bisa pakai MP3 player atau semacam itu lah. Jadi, kami serumah sering serak gara-gara nggak boleh diem (kalo diem dia nangis). Lagu favoritnya Kukuruyuk dan Matahari Terbenam, dan sekarang senang sekali Dua Mata Saya sambil ditunjuk-tunjuk bagian yang dinyanyiin.

Sekarang, selain ngesot, dia sudah bisa bilang "Bapa! Bapa! Bapapapapa ..." Bikin iri, karena belum bisa bilang "Ibuk" (dan Paklum bangga banget dooong ... sebal). Juga senang sekali main ludah, sembur-sembur terus dengan tampang jail.

Yah, begitulah catatan enam bulan Sakya. Semoga bulan-bulan ke depan sih bisa tiap bulan laporannya, dan saya terus melanjutkan semester berikutnya di sekolah ibuk-ibuk yang berlangsung seumur hidup ini.

Dan mengutip kata-kata si Nata Pehul, teman astro saya, yang dipakai sebagai kalimat mutiara si Bona, teman astro juga, "Semester Baru Jangan Sendu". Tapi saya mau sendu yang senang duit ah. Hihii ....

27 komentar:

  1. kalo aku bayi dulu tiap bulan diambil foto nya satu,,,,terus diurutkan ditempel dinding mam,,,

    BalasHapus
  2. semoga di bulan keenam sakya lebih mudah ketawa :D

    BalasHapus
  3. sakyaaa......mamam yuuuukkkkk

    BalasHapus
  4. rapornya bagus dong ya sakya dalam perkembangan motorik?

    BalasHapus
  5. hihihi... seru :D
    tapi kebayang capenya :p

    BalasHapus
  6. udah komen di fesbuknya ibukk maria yaaaa

    BalasHapus
  7. ini emang penting banget !!! :))


    btw.. ga usah bete klo anak bisa ngomong bapa... bapaaaa.. duluan..
    ardi dan hari juga gitu...
    malah si ardi yang sempat menolak klo diajarin ngomong ibu (padahal udah bisa)
    ntar begitu gedean.. yang dipanggil ibu mlulu kok..
    ampe bosen...
    "sekali2 bapak kenapa sih?!?!!?" ^_^;;

    BalasHapus
  8. umaaaaay, hahaha kebayang capek nyanyinya :))

    BalasHapus
  9. yihihihihihi....*membayangkan susahnya punya bayi

    BalasHapus
  10. tetap semangatttt... namanya nenek pasti ngeliat cucunya kurus melulu, padahal sekarang setelah ngeliat foto awwal waktu bayi, ternyata gemuk juga kok..

    BalasHapus
  11. kok aku ngebayanginnya geli sendiri ya?
    pake jimat yang diiket tali dekil itu ya? hahahaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  12. kalo di rumah dia ketawa meluluuuu
    *jago kandang, haha*

    BalasHapus
  13. yuuuuk ... BVJ atau iga bakar? hihiiiii

    BalasHapus
  14. kalo diliat dari primbon yang dikasih ida sih iya, mahmin ... tapi kalo dari berat badan, kuyuuusss ... 2 minggu lalu aja cuma 5.6 kg. tapi dokter anaknya nggak protes apa-apa tuh, cuma nyuruh sakya minum banyak-banyak, hihiii

    BalasHapus
  15. ayo babaaaah ...
    berbuatlah
    hahahaaaa

    BalasHapus
  16. hahaha ... nanti bilang ah sama paklum :D

    BalasHapus
  17. iya tante neniii ... mau gantiin? :D

    BalasHapus
  18. hmm ... semoga nanti aku kalo udah jadi nenek-nenek nggak gitu
    hihihiii

    BalasHapus
  19. subhanallah perjuangan Ibuk untuk asi xlusif ruaaaarrr biasaaa..
    TOP MARKOTOP dah...
    kalo rela mah yang nyuruh kasih makan teh bukan mertua bukan ibu tapi temen..
    katanya teh begini " sayang Neng , kasian Wafanya kelaperan. cobain saja belajar makan dari 4 bulan biar 6 bulannya udah bisa makan"..
    puguh 6 bulan teh pengenalan kan? bukan ujug ujug jagoooo.. hehe..
    tapi ya begitu, tak bisa dibantah dan tak mau membantah jadi yaa diantep sajah sambil tersenyum...
    btw dugi ka hilap..
    selamet ya Buk Pa..
    moga sakya makin sehat dan makin jagoan serta makin shalih...

    *ceu.. ceunah kata ibu-ibu teu nanaon kuus ge mun sehat mah.. biar hampang ngaisna .. hehe :)

    BalasHapus
  20. huaaah senang bacanya!! IP buat Maklum dan Paklum : 3,75. Disisain buat semester depan :))

    BalasHapus
  21. haha ... skala berapa tapi mbak? :D

    BalasHapus
  22. gyahahaha..kok sama sih..apalagi pengalaman "ngotot ASI"nya..hehehe..welcome to the jungle deh :-)

    BalasHapus
  23. soalnya orang-orang terdekat yang suka ngeracunin ya ternyata
    hahahaaa

    BalasHapus
  24. Lum2..tampangnya ituuu...bikin pengen diujel2 deh hahaha
    eh eh...sebentar lagi bertemu melon..maenannya nanti yang keren dikit yah..jangan maen kelereng gag seru..lompat kodok aja wokeh?biar sekalian tante ikut maen..yahh tante pengen berotot dikit gitu..selama ini ototnya kurang terbentuk sempurna *sumpah tante bingung ngomong apaan nih*

    BalasHapus
  25. *tepok jidat*
    (S: buk, tante yang itu aneh ya?
    I: emang, nanti main sama anaknya aja ya, nggak usah sama tantenya ... nanti jatah makan sakya abis sama tante itu ...
    S: oke deh buk)

    BalasHapus